Upaya Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Memainkan Instrumen Musik Recorder Melalui Metode Tutorial Sebaya

  • Sutiyem Sutiyem SMP N 1 Jetis, Bantul,  Indonesia

Abstrak

Dalam belajar musik, pengetahuan dan keterampilan memainkan alat musik adalah hal yang sangat penting. Namun pada kenyataannya siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Jetis Bantul masih rendah dalam pengetahuan dan keterampilan dalam memainkan alat perekam musik. Oleh karena itu penulis mencoba mengatasi masalah ini dengan menggunakan metode Peer Tutorial dalam mempelajari materi memainkan alat perekam musik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) meningkatkan pengetahuan melalui pembelajaran metode tutorial teman sebaya pada materi bermain alat perekam musik, (2) meningkatkan kemampuan memainkan alat perekam musik secara individual menggunakan metode tutorial rekan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan dua siklus dengan total 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi siswa, observasi guru, tes tertulis, dan tes praktik. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa ketuntasan tes tertulis pada siklus pertama adalah 71,88% dan siklus kedua adalah 90,63%. Hasil kelengkapan siklus tes praktis I adalah 68,75% dan siklus kedua adalah 87,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran peer tutorials dapat meningkatkan pengetahuan seni musik dan keterampilan memainkan alat perekam musik.
Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, tutorial teman sebaya, instrumen perekam musik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Sutiyem, S. (2019). Upaya Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Memainkan Instrumen Musik Recorder Melalui Metode Tutorial Sebaya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 118-124. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.102
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 185 times
PDF downloaded: 469 times