Implementasi Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X

  • Supratiwi Supratiwi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi pembelajaran PQ4R dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAS Al-Falah Limboto Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan spesifikasi model PTK Kemmis dan Taggert, yang terdiri dari  2 siklus dan masih-masing siklus memuat; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIA 1 yang berjumlah 19 orang. Data penelitian diperoleh dari hasil belajar peserta didik, UTS peserta didik, angket, wawancara guru dan peserta didik, serta catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang dimulai dari siklus 1 pertemuan 1 mencapai 58% ke pertemuan 2 yang mencapai 63% serta pada siklus II peningkatan yang diperoleh pada pertemuan 1 dan 2 sejumlah 95% secara konstan. Analisisi data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Selain itu dari implementasi strategi PQ4R, keterlibatan aktif peserta didik dalam pemberian tanggapan pada setiap apersepsi guru, keaktifan dalam diskusi, bersungguh-sungguh dalam membaca dan menjawab soal serta memberikan pendapat, menjadi lebih meningkat secara signifikan. Maka, dapat disimpulkan bahwa strategi PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan efektif untuk mengaktifkan peran peserta didik sehingga baik untuk diterapkan pada proses pembelajaran.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PQ4R, Hasil Belajar, Akidah Akhlak

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Supratiwi, S. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1166-1174. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1013
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 125 times
PDF downloaded: 113 times

Referensi

Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. Cv Insan Cendekia Mandiri.

Ibrahim, A. (2018). Jejak Inovasi Pembelajaran Ips: Mengembangkan Profesi Guru Pembelajar. Penerbit Leutikaprio.

Kutsiyyah. (2019). Pembelajaran Akidah Akhlak. Duta Media Publishing.

M.A, P. D. H. A. N., & Qrgp, D. H. A. Y., M. A. (2023). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Prenada Media.

Mahyaeny, M. (2018). Penerapan Strategi Pq4r Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Kelas Vii-1 Smpn 4 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.29303/Jpm.V13i1.516

Margaretha Mega Natalia Kania Islami Dewi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Tinta Emas Publishing.

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan. Prenada Media.

Nurhayati, R. (2021). 17 Strategi Pembelajaran Mudah Untuk Kelas Tatap Muka Dan Daring. Guepedia.

Pd, I. H., S. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Modern. Diva Press.

Restian, A. (2020). Psikologi Pendidikan Teori Dan Aplikasi. Ummpress.

Solihin, R. (2021). Akidah Akhlak Dalam Perspektif Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah. Penerbit Adab.

Wangka, A., & Usman, M. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Pq4r (Preview, Question, Read, Reflect,Recite, Dan Review) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pai. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.26618/Jtw.V1i1.359

Widhiyanti, Dkk, I. A. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Pq4r Terhadap Hasil Belajar Tik peserta didik kelas VII. 3.