Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Siswa Kelas 1 SD N Kategan Pundong Bantul

  • Sumiyati Sumiyati SD Negeri Kategan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kemampuan membaca permulaan siswa dengan media kartu kata bergambar yang dilakukan melalui penelitian tindakan kelas yang berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Siswa kelas 1 SD N Kategan Pundong Bantul Tahun Pelajaran 2018/2019”. Pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Kategan Pundong Bantul.Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada keterampilan membaca siswa sebesar 14,73 (kondisi awal 65,13 meningkat menjadi 79,86). Jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat sebesar 44% atau 9 siswa (kondisi awal 43% meningkat menjadi 87%). Hasil tersebut sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu dengan nilai rata-rata kelas 75 dan rata-rata ketuntasan kelas mencapai 75%.

Kata Kunci: Kartu Kata, membaca permulaan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Sumiyati, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Siswa Kelas 1 SD N Kategan Pundong Bantul . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 110-117. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.101
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 154 times
PDF downloaded: 1970 times