The Effect of School-Based Quality Improvement Management and Achievement Motivation on Teacher Performance
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah terhadap Motivasi Berprestasi dan Kinerja Guru, dan pengaruh tidak langsung Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi. Populasi penelitian berjumlah 485 sedangkan sampel penelitian sebanyak 220 guru SD Negeri di Kabupaten Tangerang yang terpilih melalui random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis jalur (Path Analysis) untuk melihat pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan kuisoner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari analisis data ditemukan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah berpengaruh langsung terhadap motivasi berprestasi guru; Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah berpengaruh langsung terhadap kinerja guru; Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang. Artinya motivasi berprestasi mampu memediasi pengaruh manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah terhadap kinerja guru; Motivasi berprestasi guru berpengaruh langsung terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk mendorong otonomi yang lebih besar di sekolah dan meningkatkan kualitas sekolah secara keseluruhan, yang mencakup peningkatan efektivitas guru dan pengembangan kepemimpinan sekolah yang efektif.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Firman Edi, Sudadio Sudadio, Nurul Anriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

