Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan Nilai-nilai Luhur Budaya dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SD Jetis

  • Sri Wahyuni SD Jetis,  Indonesia

Abstrak

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Nilai Budaya dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di Jetis SD Pelajaran tahun 2018 / 2019. Tujuan penelitian ini adalah (1) Melakukan supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan nilai-nilai budaya yang luhur. dalam belajar di SD Jetis. (2) Mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan nilai-nilai luhur budaya dalam pembelajaran di SD Jetis. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian adalah guru kelas 6 SD Jetis yang berjumlah tiga orang pada tahun akademik 2018/2019. Data diperoleh melalui pengamatan tentang pelaksanaan pengawasan klinis, dokumen RPP, dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah (1) Guru dapat menyusun rencana implementasi untuk memasukkan nilai-nilai budaya yang mulia. Ini dapat dilihat dari produk RPP yang disiapkan oleh guru yang mendapat skor dalam kategori baik dan meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 8% (2) Guru dapat melakukan pembelajaran dengan menerapkan nilai-nilai budaya yang mulia dengan hasil kategori yang baik dan ada meningkat 9% dari siklus 1 ke siklus 2. Dengan demikian, hal itu menunjukkan bahwa melalui supervisi klinis kompetensi guru sekolah dasar Jetis dalam menerapkan nilai-nilai luhur budaya dalam pembelajaran dapat meningkat.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Nilai Budaya, Pembelajaran, Supervisi Klinis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Sri Wahyuni. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan Nilai-nilai Luhur Budaya dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SD Jetis . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 100-109. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.100
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 200 times
PDF downloaded: 260 times