Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan Nilai-nilai Luhur Budaya dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SD Jetis
Abstrak
Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Nilai Budaya dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di Jetis SD Pelajaran tahun 2018 / 2019. Tujuan penelitian ini adalah (1) Melakukan supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan nilai-nilai budaya yang luhur. dalam belajar di SD Jetis. (2) Mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan nilai-nilai luhur budaya dalam pembelajaran di SD Jetis. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian adalah guru kelas 6 SD Jetis yang berjumlah tiga orang pada tahun akademik 2018/2019. Data diperoleh melalui pengamatan tentang pelaksanaan pengawasan klinis, dokumen RPP, dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah (1) Guru dapat menyusun rencana implementasi untuk memasukkan nilai-nilai budaya yang mulia. Ini dapat dilihat dari produk RPP yang disiapkan oleh guru yang mendapat skor dalam kategori baik dan meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 8% (2) Guru dapat melakukan pembelajaran dengan menerapkan nilai-nilai budaya yang mulia dengan hasil kategori yang baik dan ada meningkat 9% dari siklus 1 ke siklus 2. Dengan demikian, hal itu menunjukkan bahwa melalui supervisi klinis kompetensi guru sekolah dasar Jetis dalam menerapkan nilai-nilai luhur budaya dalam pembelajaran dapat meningkat.
Kata Kunci:
Kompetensi Guru, Nilai Budaya, Pembelajaran, Supervisi Klinis
Data Unduhan PDF
Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Sri Wahyuni. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan Nilai-nilai Luhur Budaya dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SD Jetis . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 100-109. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.100
Bagian
Artikel Penelitian
Copyright (c) 2019 Sri Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

