Tentang Jurnal Ini
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
2016: Pertama kali diterbitkan pada 26 Mei 2016 oleh Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal Kabupaten Bantul dengan p-ISSN 2527-5712.
2017: Mengikuti kebijakan pemerintah di bidang pendidikan, sejak 2017 manajerial IDEGURU dipindahkan ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY.
2020: Kemudian pada 2 Mei 2020 IDEGURU pertama kali diterbitkan dengan akses terbuka melalui Open Journal System (OJS) oleh Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY dengan e-ISSN 2722-2195.
2021: IDEGURU berarti keseluruhan pemikiran yang dilakukan oleh para guru, dalam bentuk penelitian tindakan kelas, best practice, serta tinjauan ilmiah. Pada tahun 2016-2020 jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada bulan Mei dan November, kemudian mulai tahun 2021 frekwensi terbitan meningkat menjadi tiga kali, yaitu bulan Januari, Mei dan September. Selanjutnya pada tanggal 09 Desember 2021, ditetapkan sebagai jurnal terakreditasi Peringkat 4 / SINTA 4 oleh Kemendikbudristek RI Nomor: 158/E/KPT/2021. IDEGURU memiliki visi menjadi salah satu referensi utama bagi guru dalam melakukan inovasi pembelajaran dan penelitian. Sedangkan Misinya: Sebagai media aktualisasi dan diseminasi karya ilmiah guru secara nasional.
2023: Pada tanggal 11 Mei 2023, akreditasi IDEGURU naik peringkat menjadi SINTA 3 yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek RI Nomor: 79/E/KPT/2023. Pada tahun ini juga telah terjadi pergantian editor in chief, semula diemban oleh Andhy S. Hapsara yang telah menjabat sejak tahun 2016 digantikan oleh Fika Ristanti melalui SK Kepala Dinas Dikpora DIY Nomor 0711 Tahun 2023 tanggal 28-03-2023.
Penyusunan naskah harus disesuaikan dengan Template Jurnal Ideguru. Pedoman penulisan terdapat pada bagian Pedoman Penulisan. Penulis perlu mendaftar pada jurnal sebelum menyerahkan naskah. Jika sudah terdaftar, penulis perlu masuk akun dan melakukan proses lima langkah pengiriman naskah. Dengan melakukan pendaftaran melalui laman Jurnal Ideguru akan menjadikan jurnal dapat mengetahui tingkat dukungan atau jumlah pembaca.