Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Tepat Waktu

  • Muhamad Januaripin STAI Miftahul Huda Subang, Subang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Mahasiswa memegang peranan penting dalam menilai keberhasilan dan kelayakan suatu program studi di lingkungan pendidikan tinggi. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan tinggi dapat diukur salah satunya melalui prestasi yang dicapai oleh lulusannya. Mahasiswa yang mengikuti program Sarjana (S1) dianggap lulus sesuai waktu jika mereka berhasil menyelesaikan studi dalam waktu empat tahun atau kurang. Faktor internal dan eksternal, serta kualitas pelayanan akademik, adalah faktor yang bisa mempengaruhi kelulusan mahasiswa tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana alumni STAI Miftahul Huda Subang, terutama mereka yang mengambil Program Studi (S1) Pendidikan Agama Islam (PAI), melihat pelayanan bimbingan akademik untuk meningkatkan kualitas lulusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode survei. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan akademik di STAI Miftahul Huda Subang sudah baik dalam persepsi mahasiswa. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik, STAI Miftahul Huda Subang perlu meningkatkan sarana prasarana pendidikan dan kedisiplinan dosen dalam mengajar. Selain itu, STAI Miftahul Huda Subang juga perlu menjalin kerjasama dengan pihak asuransi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan mahasiswa selama mengikuti perkuliahan.

Kata Kunci: pelayanan, kualitas, lulusan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Muhamad Januaripin, STAI Miftahul Huda Subang, Subang, Jawa Barat

Muhamad Januaripin, M.Pd.I adalah salah satu dosen tetap STAI Miftahul Huda Subang dan diberikan kepercayaan untuk memegang posisi Ketua Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) periode 2022-2027. Hobi penulis adalah mencurahkan pikiran dan ide-ide melalui tulisan. Beberapa karya sudah sudah diterbitkan dan mendapatkan ISBN adalah Buku Dasar-dasar Komputer dan Internet, Buku Ajar Media dan Teknologi Pembelajaran, Buku Kepemimpinan Organisasi, Buku Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Buku Studi Agama Islam Kontemporer (in progress) dan Buku Inovasi Dalam Manajemen Perguruan Tinggi (in progress).  Nomor kontak yang bisa dihubungi 082321239468, e-mail: mjanuaripin@gmail.com

Diterbitkan
2023-12-19
Bagaimana cara mengutip:
Januaripin, M. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Tepat Waktu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 264-270. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.776
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 166 times
PDF downloaded: 112 times

Referensi

Agwil, Winalia, Herlin Fransiska, and Nurul Hidayati. (2020). Analisis Ketepatan Waktu Lulus Mahasiswa Dengan Menggunakan Bagging Cart. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2),155–66. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.155-166

Fitri, Lidya, and Asmendri Khaidir. (2023). “Hubungan Sinergi Antara Sekolah, Komite, Orangtua Dan Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. TSAQOFAH, 3, 80–90. doi: 10.58578/tsaqofah.v3i1.774.

Haryani, Isti. (2022). Pengaruh Implementasi Manajemen Kurikulum dan Kinerja Guru terhadap Peningkatan Penjaminan Mutu Pendidikan Segregasi di SLB BC Cempaka Putih. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), 25–39. https://doi.org/10.22437/gentala.v7i1.16340

Jumiati, Jumiati. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dosen Terhadap Disiplin Belajar Mahasiswa Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(1), 55–60. https://doi.org/10.53625/jirk.v1i1

Khoirudin, M. Arif. (2013). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 24(1). https://doi.org/10.33367/tribakti.v24i1.126

Mangkunegara, AA Anwar Prabu. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

Martasubrata, Nadira, and Suwatno Suwatno. (2016). Mutu Layanan Akademik Sebagai Determinan Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 136–143. doi: 10.17509/jpm.v1i1.3266.

Marthalina. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik Dan Kepuasan Mahasiswa Di IPDN Kampus Jakarta.

Nurhayati, Eti. (2011). Bimbingan, Konseling & Psikoterapi Inovatif. Vol. 1. Pustaka Pelajar.

Riduwan, and Sunarto. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial Ekonomi, Komunikasi Dan Bisnis, Lengkap Dengan Aplikasi SPSS 14. Bandung: Alfabeta.

Silaban, Nurmintan. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa Di UNIHAZ. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana 10(4). https://doi.org/10.33369/mapen.v10i4.1281

Sumarsono, Raden Bambang, Maisyaroh Maisyaroh, and Desi Eri Kusumaningrum. (2021). Pengaruh Tingkat Kualitas Layanan, Faktor Kepuasan, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Mahasiswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 6(1), 43–52. doi: 10.17977/um027v6i12021p043.

Surianti, Surianti, Mattalatta Mattalatta, and Hasmin Tamsah. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lamappapoleonro Soppeng. YUME : Journal of Management, 3(2). https://doi.org/10.37531/yum.v3i2.841

Suryana, Yaya, and Fadhila Maulida Ismi. (2019). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 257–66. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6026

Wijayanti, Anis, and Bekti Ayu Selawati. 2020. Perbaikan Kebijakan Tata Kelola Perguruan Tinggi Kedinasan. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 6(1), 73–91. https://doi.org/10.32697/integritas.v6i1.583

Wijayanti, Feri, Hindun Hudzaifah, Yulizawati, and Ulfa Lisa. (2023). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Bimbingan Akademik Di Program Studi Sarjana Kebidanan. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6, 199–211. doi: 10.37329/cetta.v6i2.2219.

Yusrani, Khoirunnisa Ghefira, Cahya Arbitera, Putri Andini Novianti, Rossa Shafira Nur Sabrina, Syalisa Syabil, and Ummi Rahma. (2023). Studi Literatur : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Dalam Memilih Asuransi Kesehatan. Jurnal Medika Husada 3(1), 37–50. https://doi.org/10.59744/jumeha.v3i1.39

Zahir, Abdul, and Saddang Saputra. (2016). Analisis Kualitas Layanan Akademik Universitas Cokroaminoto Palopo. Prosiding 2(1).