Prototipe Rancangan Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar

  • Surismiyati Surismiyati Pasca Sarjana Pendidikan Dasar, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Muhammad Irfan Pasca Sarjana Pendidikan Dasar, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu pengembangan prototipe dan membuat prototipe berkualitas untuk pengajaran matematika di SD. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Prototipe dibuat dengan menggunakan enam tahap pengembangan Sugiyono: 1) permasalahan dan peluang, 2) mengumpulkan data, 3) product design, 4) desain validasi, 5) review desain, 6) uji coba produk. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket berupa kuesioner pada 27 siswa     kelas IV SD, terdapat 60% siswa yang merasa sulit untuk memahami materi pecahan. Maka peneliti bermaksud meneliti pembelajaran yang menggunakan lagu konsep pecahan. Prototipe divalidasi oleh ahli dan praktisi. Penilaian dari validator mendapat skor 3,5 kategori di Sangat Baik, maka layak untuk di uji coba. Peneliti melakukan uji coba terhadap 27 siswa kelas IV SD. Dari hasil penelitian  menunjukkan bahwa 90,9% yang mampu mencapai dan melampaui nilai KKM Matematika dengan materi penjumlahan dan bilangan cacah. Dari hasil survei, siswa sangat bersemangat untuk mempelajari materi pecahan melalui media musik. Kualitas materi pendidikan matematika menggunakan file audio memenuhi standar yang sangat tinggi dan layak digunakan. Dari segi kriteria yang sangat tinggi dan nyaman digunakan. Pernyataan di atas dibuat berdasarkan bukti yang divalidasi oleh ahli Matematika. Ahli musik mendapatkan 3,41, kemudian guru kelas IV mendapatkan 3,21. Sedangkan hasil validitas rasio terhadap rasio dari validator sebelumnya yang bersangkutan mendapatkan 3,25.

Keywords: Research and Development, Prototipe, Pembelajaran Matematika

PDF Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-05-10
How to Cite:
Surismiyati, S., & Irfan, M. (2023). Prototipe Rancangan Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 485-490. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.570
Section
Research Articles
Abstract viewed: 362 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded: 258 times

References

Aminoto, T & Pathoni, H . (2014). Penerapan Media. E-learning, 13-29.

Anis, M & Anwar, C . (2020). Self-organized learning environment teaching strategy for ELT in Merdeka Belajar concept for high school students in Indonesia. JEES . (Journal of English Educators Society)., 5. (2)., 199-204.

April. ED. (2022). Pembelajaran lagu daerah menggunakan alat musik Pianika untuk meningkatkan kemampuan bermusik pada anak autis Jurnal Pendidikan Sentratasik 11. (1). 1-16 https://doi.org/10.26740/jps.v11n1.p1-16

Asyrofa. M.H Mardiana T dan Hajron K.H . (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan Media Donat Pecahan terhadap kemampuan pemecahan masalah cerita matematika Universitas Muhammadiyah Gombong Riset Universitas ke-15 2022.

Borg. W.R dan Gall M.D. . (1983). Penelitian Pendidikan: Sebuah Pengantar Edisi ke- . (Edisi ke- ). Longman Inc.

Choiriyah. F.N dan Arsanti M . (2022). Inovasi menyenangkan dalam metode pengajaran dengan pembawa lagu yang kaya materi Publikasi dengan nama yang sama . (Webinar Nasional). Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro 939-943.

Febrianti, W Mukhlis, M & Juliana, R . (2022). Strategi Pembelajaran Guru PAI Dengan Empati Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Dikelas X IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Muaro Jambi Provinsi Jambi . (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Herdianti. S Respati R dan Ganda N . (2021). Peran bahan ajar berbasis lagu daerah dalam pembelajaran angklung di sekolah dasar Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8. (1). 51-61. https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.820

Ilmi. F Respati R dan Nugraha A . (2021). Manfaat lagu anak untuk meningkatkan minat belajar anak sekolah dasar Pedadidaktik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8. (3). 675-683 http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.

Larasati R Purnamasari I Aniq M and Basyar K . (2022). Analisis Penerapan Metode Kunjungan Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Mengatasi Masalah Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Batursari 6 Mranggen Demak Belajar Pensil 1 . (1). 8–52 https://doi.org/https://doi.org/10.5820 /pe.v1i1.13.

Lubis. M A Kandang Azizan N . (2020). Tema SD/MI yang Dipelajari . (Edisi ke-1). Data https://books.google.co.id/books?id=bBwREAAAQBAJandprintsec=frontcoverandhl=id#v=onepageandqandf=false.

Ndiung. S Statianin T . (1999). A Jehadin V dan Norman A.S . (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Jurusan Matematika Sekolah Dasar Utama: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11. (5). 1 91-1503 https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9130.

Pohan. S.A & Dafit F . (2021). Mempelajari kurikulum 2013 di kelas dasar Jurnal Basicedu 5. (3). 1191-1197 https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Priyatna. F dan Wiguna. W . (2021). Game mobile matematika pembelajaran dasar dengan Construct 2 di SDN Sasaksaad Prosiding Informatika . (KAITSE). 1. (1). 218–227.

Retnodari. W. Elbas W F dan Loviana S . (2020). Eŝafodo dalam pembelajaran matematika Matematika Didaktik: Jurnal Pendidikan Matematika 1. (1). 19-27 https://doi.org/https://doi.org/10.32332/linear.v1i1.2166.

Setiawan. A.R. (2019). Kajian Matematika lyang berorientasi pada literasi sains Jurnal Basicedu . (1). 51–69 https://doi.org/10.3100 /basicdu.v i1.298.

Sukadari. S. (2020). Pembelajaran Matematika bagi anak berkebutuhan khusus di SLB kelas bawah G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling . (2). 339-351.

Sukamto, R A & Shalahuddin, M . (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berbasis Objek Bandung: Informatika.

Suswandari, M . (2021). Antologi Inovasi Pendidikan dan Perspektif Kebijakan . (Andriyanto . (ed.).; 1st ed.).

Yazdi, M . (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi Jurnal Ilmua Foristek, 2. (1)., 143–152.