MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA MELALUI BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG

  • Erna Pujiasih SMA Negeri 1 Bantul,  Indonesia

Abstract

Jurnal ini mendiskusikan tentang strategi pengajaran dalam bercerita menggunakan media wayang untuk meningkatkan kompetensi berbicara. Secara khusus , jurnal membahas dan mendiskusikan  bagaimana wayang dapat meningkatkan kompetensi berbicara dalam belajar Bahasa Inggris. Dalam pengajaran berbicara (speaking)  siswa bercerita dengan media wayang secara berkelompok.

Pengajaran  berbicara (speaking ) adalah salah satu pengajaran yang menantang agar siswa mempunyai kompetensi berbicara.Pengajaran  Bahasa Inggris dengan menggunakan media wayang sangat menarik dalam menceritakan suatu cerita.Kegiatan ini membuat siswa lebih percaya diri dan meningkatkan dalam memahami isi cerita. Wayang merupakan media yang sederhana dan menyenangkan bagi siswa. Siswa  dapat terbantu dengan media ini ketika mereka bercerita . Bercerita yang dilakukan secara erkelompok juga membuat siswa lebih mengerti  dalam memahami dan mendengarkan cerita.

Ini dapat ditemukan dari oservasi, kuisioner, dan mempraktikkan berbicara yang dilakukan secara berkelompok. Siswa dapat juga melakukan penilaian teman sejawat  dalam melakuakan kegiatan ini. Dari data kuisener sebanyak 100 siswa  , kegiatan ini menunjukkan bahwa semua siswa menjawab media wayang dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam berbicara. Yang mana bercerita dengan bahasa inggris itu suatu yang sulit  namun dengan media wayang ini siswa dapat bercerita seperti apa yang ada dalam cerita. Ini dapat diamati bahwa siswa  siswa merasa nyaman dalam bercerita dalam kelompok, saling memahami isi cerita , mendengarkan berbagai cerita, lebih percaya diri , dapat mengingat cerita , terhibur, santai, menyenangkan, saling koreksi jika ada pengucapan yang keliru dan saling membenarkan jika kesulitan berbicara, mendapatkan pesan moral , mempererat persahabatan/ pertemanan, cerita lebih jelas dan lain sebagainya.

Menggunakan media wayang dalam mengajarkan Bahasa Inggris  dengan media wayang ini meningkatkan kompetensi dalam berbicara. Media ini bagus dan menarik bagi siswa sehingga siswa lancar  berbicara dan mengerti isi cerita.Media ini sederhana  karena hanya menggunakan wayang kertas yang dibuat dari kertas bekas dan bermanfaat   dalam mengajarkan Bahasa Inggris. Media wayang ini efektif bagi siswa untuk pengajaran Bahasa Inggris.

Keywords: berbicara, bercerita, wayang, percaya diri

PDF Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-01
How to Cite:
Erna Pujiasih. (2016). MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA MELALUI BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 90-96. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/19
Section
Research Articles
Abstract viewed: 262 times
PDF downloaded: 157 times