Analisis Potensi dan Tantangan Pengembangan STEAM Berorientasi ESD dalam Pembelajaran Hidrokarbon di SMA

  • Tri Ambarwati Mardikaningrum Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Siti Patonah Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Mega Novita Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi penerapan pendekatan STEAM yang berorientasi pada Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran hidrokarbon di SMA Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 40 guru Kimia sebagai responden. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89% guru telah mengenal pendekatan STEAM, 65% telah menerapkannya dalam pembelajaran hidrokarbon, dan 90% meyakini bahwa pendekatan STEAM mampu meningkatkan kreativitas siswa. Selain itu, 79% guru merasa bahwa pengintegrasian ESD dalam STEAM efektif untuk menanamkan sikap positif serta meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa STEAM berorientasi ESD memiliki potensi yang signifikan untuk dikembangkan lebih lanjut dalam pembelajaran hidrokarbon guna meningkatkan kreativitas siswa serta kesadaran mereka terhadap prinsip pembangunan berkelanjutan.

Kata Kunci: Pengembangan STEAM, ESD, Hidrokarbon

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-06-13
Bagaimana cara mengutip:
Mardikaningrum, T. A., Patonah, S., & Novita, M. (2025). Analisis Potensi dan Tantangan Pengembangan STEAM Berorientasi ESD dalam Pembelajaran Hidrokarbon di SMA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1507-1512. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1567
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 248 times
PDF downloaded: 77 times

Referensi

Adnyawati N D M S (2011) Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Tentang Hidangan Bali Ni Desak Made Sri Adnyawati

Agustina Damayanti F, Surjanti J dan Belajar H (2022) Penerapan Model PBL dengan Konteks ESD dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Sustainability Awareness Peserta Didik vol 18

Amayliadevi, R. R. (2021). View of Analisis sumbangan materi hidrokarbon terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIA Tahun Ajaran 2018/2019 di SMAN 1 Lawang. http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/411/417

Amran, A., Jasin, I., Perkasa, M., Satriawan, M., Irwansyah, M., & Erwanto, D. (2020). Analisis Komponen STEM dan ESD Pada Buku Ajar IPA

Bulan P (2021) Education for Sustainable Development

Funke J, Fischer A dan Holt D V. 2018 Competencies for Complexity: Problem Solving in the Twenty-First Century pp 41–53

Hamzah B. Uno, N. L. (2016). Landasan Pendidikan - Hamzah B. Uno, N Lina amatenggo - Google Buku.

Implementation of education for sustainable development to enhance Indonesian golden generation character. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042102

Lydiati, I. (2019). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Statistika Melalui Model Pembelajaran PjBL-STEM Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 51-60. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.94

Muntamah M, Roshayanti F dan Hayat M S 2023 Potensi Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMA Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah 4 77–83

Nada F F 2021 Pengembangan Pendekatan STEAM pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kreativitas siswa Praktom 4 Adnin Phatna Witya Demonstration School Yala Thailand

Nasution R H 2013 Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran Berbasis IT dan ICT Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMA Negeri 1 Sibolga

Natalia D, Herpratiwi H, Nurwahidin M dan Riswandi R 2023 Pengembangan Modul IPAS Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran 8 327

Patria Praja Mukti R dan Kusumadani A I 2020 Hubungan Antara Prestasi dan Minat Belajar IPA Terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta

Purnamasari S dan Hanifah A N 2021 Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA Jurnal Kajian Pendidikan IPA 1 69

Purnamasari, S., & Hanifah, A. N. (2021). Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2), 69.

Purnawanto A T 2022 Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka

Safriana S, Ginting F W dan Khairina K 2022 Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Alat-alat Optik di SMA Jurnal Dedikasi Pendidikan 6 127–36

Sugiyono 2022 Metode Penelitian & pengembangan (Research and Development)

Suyanto. (2023). Peningkatan Ketrampilan Berfikir Kritis, Berkomunikasi, Berkolaborasi, dan Kreativitas pada Matriks melalui Kriptografi Menggunakan PjBL-STEM. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 261-255.https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.503

Syukri M, Halim L, Subahan D T dan Meerah M 2013 Pendidikan STEM Dalam Entrepreneurial

Wayan Rati N, Kusmaryatni N, Rediani N dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar J 2017 Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa