Analisis Potensi dan Tantangan Pengembangan STEAM Berorientasi ESD dalam Pembelajaran Hidrokarbon di SMA

  • Tri Ambarwati Mardikaningrum Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Siti Patonah Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Mega Novita Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstract

This study aims to analyze the potential application of the STEAM approach oriented toward Education for Sustainable Development (ESD) in hydrocarbon learning at high schools in Demak Regency. This research employs a descriptive quantitative method, involving 40 chemistry teachers as respondents. Data were collected through observations, questionnaires, and interviews. The findings reveal that 89% of teachers are familiar with the STEAM approach, 65% have implemented it in hydrocarbon teaching, and 90% believe that STEAM can enhance student creativity. Additionally, 79% of teachers feel that integrating ESD within STEAM is effective in fostering positive attitudes and increasing environmental awareness among students. Therefore, this study concludes that STEAM-oriented ESD has significant potential for further development in hydrocarbon learning to enhance student creativity and awareness of sustainable development principles.

Keywords: STEAM development, ESD, Hydrocarbons

PDF Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-13
How to Cite:
Mardikaningrum, T. A., Patonah, S., & Novita, M. (2025). Analisis Potensi dan Tantangan Pengembangan STEAM Berorientasi ESD dalam Pembelajaran Hidrokarbon di SMA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1507-1512. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1567
Section
Research Articles
Abstract viewed: 248 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded: 77 times

References

Adnyawati N D M S (2011) Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Tentang Hidangan Bali Ni Desak Made Sri Adnyawati

Agustina Damayanti F, Surjanti J dan Belajar H (2022) Penerapan Model PBL dengan Konteks ESD dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Sustainability Awareness Peserta Didik vol 18

Amayliadevi, R. R. (2021). View of Analisis sumbangan materi hidrokarbon terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIA Tahun Ajaran 2018/2019 di SMAN 1 Lawang. http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/411/417

Amran, A., Jasin, I., Perkasa, M., Satriawan, M., Irwansyah, M., & Erwanto, D. (2020). Analisis Komponen STEM dan ESD Pada Buku Ajar IPA

Bulan P (2021) Education for Sustainable Development

Funke J, Fischer A dan Holt D V. 2018 Competencies for Complexity: Problem Solving in the Twenty-First Century pp 41–53

Hamzah B. Uno, N. L. (2016). Landasan Pendidikan - Hamzah B. Uno, N Lina amatenggo - Google Buku.

Implementation of education for sustainable development to enhance Indonesian golden generation character. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042102

Lydiati, I. (2019). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Statistika Melalui Model Pembelajaran PjBL-STEM Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 51-60. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.94

Muntamah M, Roshayanti F dan Hayat M S 2023 Potensi Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMA Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah 4 77–83

Nada F F 2021 Pengembangan Pendekatan STEAM pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kreativitas siswa Praktom 4 Adnin Phatna Witya Demonstration School Yala Thailand

Nasution R H 2013 Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran Berbasis IT dan ICT Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMA Negeri 1 Sibolga

Natalia D, Herpratiwi H, Nurwahidin M dan Riswandi R 2023 Pengembangan Modul IPAS Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran 8 327

Patria Praja Mukti R dan Kusumadani A I 2020 Hubungan Antara Prestasi dan Minat Belajar IPA Terhadap Kesadaran Lingkungan Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta

Purnamasari S dan Hanifah A N 2021 Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA Jurnal Kajian Pendidikan IPA 1 69

Purnamasari, S., & Hanifah, A. N. (2021). Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2), 69.

Purnawanto A T 2022 Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka

Safriana S, Ginting F W dan Khairina K 2022 Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Alat-alat Optik di SMA Jurnal Dedikasi Pendidikan 6 127–36

Sugiyono 2022 Metode Penelitian & pengembangan (Research and Development)

Suyanto. (2023). Peningkatan Ketrampilan Berfikir Kritis, Berkomunikasi, Berkolaborasi, dan Kreativitas pada Matriks melalui Kriptografi Menggunakan PjBL-STEM. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 261-255.https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.503

Syukri M, Halim L, Subahan D T dan Meerah M 2013 Pendidikan STEM Dalam Entrepreneurial

Wayan Rati N, Kusmaryatni N, Rediani N dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar J 2017 Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa