Minat Mahasiswa Prodi Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi

  • Hari Purnama Universitas PGRI Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan menganalisis secara empiris minat mahasiswa prodi akuntansi dalam mengikuti pendidikan profesi akuntansi yang dipengaruhi faktor persepsi profesi akuntnasi, biaya pendidikan, persepsi masa studi, motivasi karir dan motivasi ekonomi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data suervey dengan alat instrumen memakai kuesioner. Jenis data adalah data primer yang langsung diperoleh dari responden. Populasi seluruh mahasiswa Prodi Akuntansi di Universita PGRI Yogyakarta yang berjumah 500 Mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah sebagian dari populasi sebesar 85 mahsiswa. Teknik yang digunakan purposive sampling. Alat analisis menggunakan analisis regresi linier bergada dengan taraf signifikan 5%, Selanjunya di uji hipotesis dengan analisis uji t, uji F dan Koefisien Determinasi (R2). Penelitian ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa prodi akuntansi dalam mengikuti pendidikan profesi akuntansi tidak dipengaruhi secara signifikan faktor perspsi profesi akuntansi. Sedangkan biaya pendidikan, persepsi masa studi, motivasi karir dan motivasi ekonomi secara positif dan signfiikan berpengaruh terhadap minat mahasiswa prodi akuntansi dalam mengikuti pendidikan profesi akuntansi.

Kata Kunci: persepsi profesi, biaya, masa studi, motivasi, minat

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-08-16
Bagaimana cara mengutip:
Purnama, H. (2022). Minat Mahasiswa Prodi Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 336-343. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.443
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 468 times
PDF downloaded: 682 times

Referensi

Berlinasari, M. dan Ni M.A.E. (2017). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan pada Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 21(1), 447-476.

Febriyanti, F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi, 6(1), 88-109.

Hariyani, R. dan Martini. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Pendidikan Profesi Akuntansi). Jurnal akuntansi dan keuangan. 3(1), 166-185.

Machfoedz, M. (2018). Survey Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 13(4). 121-129.

Mudrikah, I. S, Rispantyo dan Djoko, K. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Kuntan. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 14(2), 261-271.

Rikawati dan Vita, A. (2020). Determinants of Students Interest in Pursuing Professional Certifications in Accounting. Journal of Applied Business Administration, 21 (1) 221-231.

Sari, L. K., dan Sukanti, S. (2016). Pengaruh Nilai Intrinsik Pekerjaan, Lingkungan Kerja, Dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Motivasi Pemilihan Karier Sebagai Akuntan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Profita, 8(2), 1-16.

Sartika, M. (2014). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Pulik dan Non Akuntan Publik. Skripsi, Universitas Bengkulu.

Sleekr. (2018). Ketahui Beberapa Jenis Sertifikasi Akuntan Profesional di Indonesia [WWW] Sleekr. Available from: https://sleekr.co/blog/ketahui-beberapa-jenis-sertifikasi-akuntan-profesional-di-indonesia/ [Accessed 03/11/2019].

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.