Flipped Classroom Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi dan Keaktifan Peserta Didik Pada Masa Pandemi

  • Siti Khasanah SMK Negeri 1 Saptosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pada masa pandemi pembelajaran biologi di kelas X APHP SMKN 1 Saptosari memiliki hambatan ketika peserta harus menyelesaikan soal HOTs (ketrampilan berfikir tingkat tinggi) dengan model pembelajaran konvensional melalui penyajian ceramah di kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Flipped Classroom, aktivitas peserta didik dan melihat peningkatan ketrampilan berfikir tingkat tinggi. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dari 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa Flipped Classroom yang dilaksanakan pada masa pandemi dengan memanfaatkan aplikasi Google Classroom untuk kegiatan di rumah dan aplikasi Whattsapps Group (WAG) pada kegiatan tatap muka mendapatkan apresiasi baik dari peserta didik, mereka menyukai kegiatan dengan model ini. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya capaian keterampilan berfikir tingkat tinggi dari 54% pada kondisi pra siklus meningkat menjadi 57% pada siklus 1 dan 81% pada siklus 2. Kontribusi dari penelitian ini memberikan alternatif bagi pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati dan genetika level berfikir kognitif mengevaluasi dan keaktifan peserta didik yang dilakukan dengan Flipped Classroom yaitu proses memberikan materi lewat video maupun komik sebagai media belajar yang harus dicermati kemudian melakukan pengamatan dan diskusi kelompok di rumah dilanjutkan pembahasan bersama pendidik dalam kegiatan tatap muka melalui WAG.

Kata Kunci: flipped classroom, HOTs, biologi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-10-04
Bagaimana cara mengutip:
Khasanah, S. (2022). Flipped Classroom Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi dan Keaktifan Peserta Didik Pada Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 65-72. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.413
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 485 times
PDF downloaded: 325 times

Referensi

Ario, M. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20–31. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1709

Arnata, I. W., Mardana, I. B. P., & Suwindra, I. N. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Flipped Classroom Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Xi Ipa. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 36. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26723

Basriyah, K., & Sulisworo, D. (2018). Pengembangan Video Animasi Berbasis Powtoon Untuk Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Thermodinamika. Seminar Nasional Edusainstek, 152–156.

Basyah, A. (2018). Flipped Classroom Material Untuk Meningkatkan Minat Technopreuner Siswa SMK. Teknodik, 22(1).

Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di Smk. Manajemen Pendidikan, 11(1), 2. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1799

Dewi, S., & Harahap, M. S. (2019). Efetivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal MathEdu, 2(3), 96–102.

Fatra Hadi Kurniawan, Punadji Setyosari, S. U. (2017). Sistem Pembelajaran Berbasis Flipped Classrom Menggunakan Media Lsn Berbasis Flipped Classroom Dengan Media Lsn (Learning Social Network) Siswa Sman 1 Plosoklaten Fatra. 3(2), 130–136.

Indah Lestari, D., Haris Effendi-Hasibuan, M., & Muhammad, D. (2020). The effect of the flipped classroom approach and self-efficacy on a guided inquiry on students’ creative thinking skills. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(2), 95–105. https://doi.org/10.24114/jpkim.v12i2.19435

Kusyanti, R. N. T. (2022). Pengembangan Desain Blended Learning Mata Pelajaran Fisika SMA pada Era Kenormalan Baru. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 80-88. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.318

Lestari, A. D., & Istiqomah, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom Di Kelas XII SMK N 1 Gedangsari. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 83–90. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2003

Mangesa, R. T. (2018). Kelase Learning Methods to Improve Learning Outcomes Flipped Classroom. Letters in Information Technology Education (LITE), 1(1), 5–8. https://doi.org/10.17977/um010v1i12018p005

Maria Paristiowati1, Ucu Cahyana, A. N. F. . (2017). Flipped Classroom: Alternative Of The Model Of Learning To Improve Student Learning Outcomes IN K-10. 4(1), 148–152.

Rahajeng, N. K. A., Santyasa, I. W., & Suswandi, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Menggunakan Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 10 Malang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 80–100.

Rindaningsih, I. (2018). Efektifitas Model Flipped Classroom dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Prodi S1 PGMI UMSIDA | Rindaningsih | Proceedings of the ICECRS (pp. 51–60). http://ojs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/1380/937

Sinaga, K. (2018). Pengaruh Penerapan Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Kimia Dasar Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning. 3(1), 106–118.

Vermana, L., & Zuzano, F. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Persamaan Diferensial Mahasiswa Pendidikan Matematika dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 23–34. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5576

Vivanti, D., Putrawan, i M., & Agnesa, T. (2016). Biosfer : Jurnal Pendidikan Biologi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 40–46. https://www.researchgate.net/publication/341733397_PENGARUH_GROUP_INVESTIGATION_BERBASIS_SIGIL_DAN_MOTIVASI_BELAJAR_TERHADAP_HASIL_BELAJAR_BIOLOGI/Fulltext/5ed104e292851c9c5e661d13/PENGARUH-GROUP-INVESTIGATION-BERBASIS-SIGIL-DAN-MOTIVASI-BELAJAR-TERHADAP-

Yanah, P. A., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom pada Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Self Efficacy dan Penguasaan Konsep Siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2), 65–74. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.302

Zamnah, L. N. (2019). Implementation of peer instruction flipped classroom to improve self-efficacy of underprivileged students. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 52(2), 69–74. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/17879

Zhao, Z., Husna, I., Mulyana Harnas, D., Gusman, F., Gusman, E., & Refman Adrus, S. E. (2021). Prototype Validity of Content Learning System (CLS) on Atomic Structure Material Based on Project Based Learning (PjBL) Using Flipped Classroom with Moodle for High School Students in Indonesia. INTERNATIONAL JOURNAL OF HIGH INFORMATION, COMPUTERIZATION, ENGINEERING AND APPLIED SCIENCE (JHICE), 1(01), 34-45. https://doi.org/10.24036/jhice/vol1-iss01/36