Flipped Classroom Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi dan Keaktifan Peserta Didik Pada Masa Pandemi
Abstrak
Pada masa pandemi pembelajaran biologi di kelas X APHP SMKN 1 Saptosari memiliki hambatan ketika peserta harus menyelesaikan soal HOTs (ketrampilan berfikir tingkat tinggi) dengan model pembelajaran konvensional melalui penyajian ceramah di kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Flipped Classroom, aktivitas peserta didik dan melihat peningkatan ketrampilan berfikir tingkat tinggi. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dari 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa Flipped Classroom yang dilaksanakan pada masa pandemi dengan memanfaatkan aplikasi Google Classroom untuk kegiatan di rumah dan aplikasi Whattsapps Group (WAG) pada kegiatan tatap muka mendapatkan apresiasi baik dari peserta didik, mereka menyukai kegiatan dengan model ini. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya capaian keterampilan berfikir tingkat tinggi dari 54% pada kondisi pra siklus meningkat menjadi 57% pada siklus 1 dan 81% pada siklus 2. Kontribusi dari penelitian ini memberikan alternatif bagi pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati dan genetika level berfikir kognitif mengevaluasi dan keaktifan peserta didik yang dilakukan dengan Flipped Classroom yaitu proses memberikan materi lewat video maupun komik sebagai media belajar yang harus dicermati kemudian melakukan pengamatan dan diskusi kelompok di rumah dilanjutkan pembahasan bersama pendidik dalam kegiatan tatap muka melalui WAG.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Siti Khasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.