PENGARUH KEMANDIRIAN, FASILITAS, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI

  • Rubiyanti Rubiyanti SMA N 1 Imogiri,  Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar sosiologi. 2) Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar sosiologi 3) Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar sosiologi 4) Pengaruh kemandirian fasilitas dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sosiologi.

Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 118 siswa. Sampel dalam penelitian ini 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  Kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Sosiologi, Fasilitas belajar, Minat belajar dan Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar, fasilitas belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sosiologi siswa dibuktikan dengan fhitung 15.048 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000. Dengan adanya kemandirian, fasilitas dan minat belajar yang tinggi maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Sedangkan sumbangan ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 0.334 (34%) sehingga dapat disimpulkan bahwa 34% prestasi belajar sosiologi dipengaruhi oleh kemandirian, fasilitas dan minat belajar siswa.

Keywords: kemandirian, fasilitas, minat dan prestasi belajar

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rubiyanti Rubiyanti, SMA N 1 Imogiri

Guru Sosiologi

Published
2017-05-02
How to Cite:
Rubiyanti, R. (2017). PENGARUH KEMANDIRIAN, FASILITAS, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(1), 12-21. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/21
Section
Research Articles
Abstract viewed: 200 times
PDF downloaded: 509 times