PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MUATAN IPS MELALUI DOLANAN ANAK CUBLAK-CUBLAK SUWENG SISWA KELAS VI SD JETIS

  • Sri Wiji Lestari SD Jetis Bantul,  Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar pada muatan IPS dengan materi Masyarakat   Indonesia   pada masa pergerakan kemerdekaan sampai   awal reformasi Kelas VIA SD Jetis tahun pelajaran 2016/2017 melalui Dolanan Anak “Cublak-cublak Suweng”.

”Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) siklus, tiap-tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, melakukan pengamatan, dan menganalisis dan melaksanakan refleksi. Hasil dari setiap siklus setelah direfleksikan bersama kolaborator digunakan untuk perencanaan disiklus berikutnya.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar paling baik terjadi pada siklus III dengan ditandai prestasi siswa pada siklus I nilai rata-rata 55,47 dengan tingkat ketuntasan sebesar 26%, selanjutnya pada siklus II dengan berdasarkan hasil refleksi dan melaksanakan tindakan nilai rata-rata 69,70 dengan tingkat ketuntasan 51%, dan pada siklus III dengan berdasarkan hasil refleksi pada siklus II mencapai nilai rata-rata 79,61 dengan tingkat ketuntasan sebesar 79% .

            Berdasarkan data tersebut berarti harapan peneliti tercapai dengan melakukan perbaikan pembelajaran menggunakan Dolanan Anak “Cublak-cublak Suweng” dapat meningkatkan prestasi belajar untuk muatan IPS siswa kelas VIA SD Jetis tahun pelajaran 2016/2017.

Keywords: Prestasi Belajar, IPS, Dolanan Anak Cublak-cublak Suweng

PDF Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-01
How to Cite:
Lestari, S. W. (2016). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MUATAN IPS MELALUI DOLANAN ANAK CUBLAK-CUBLAK SUWENG SISWA KELAS VI SD JETIS. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 14-26. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/13
Section
Research Articles
Abstract viewed: 114 times
PDF downloaded: 112 times