Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Berbasis Android pada Pembelajaran Matematika SMP

  • Anggia Fernanda Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Allen Marga Retta Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Asnurul Isroqmi Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia

Abstract

This development research aims to produce Android-based Virtual Reality learning media for mathematics learning that is valid, practical and effective. The development procedure uses the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. Students at SMP Negeri 4 Tempilang Class VII 1 were the research subjects. The data collection techniques used were unstructured interviews, questionnaires, and student learning outcomes. This research uses descriptive data analysis on one variable, namely the quality of Android-based Virtual Reality learning media. The results of the research and data analysis obtained a questionnaire assessment from the three validators of 91.8% which was included in the very valid criteria, the average percentage of practicality was 90.7% which was included in the very practical criteria, and effectiveness was obtained at 82.6% which was included in the criteria very effective with 19 students who completed and 4 students who did not complete. Therefore, the researchers concluded that Android-based Virtual Reality learning media in junior high school mathematics learning has proven to be valid, practical and effective.

Keywords: based on android, mathematic, learning media, virtual reality

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Anggia Fernanda, Universitas PGRI Palembang, Palembang, Sumatera Selatan

Anggia Fernanda, lahir di Desa Air Lintang Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat pada tanggal 10 Juni 2002 merupakan anak pertama dari dua saudara yang lahir dari pasangan Bapak Sudar Yanto dan Ibu Misribut. Pada tahun 2014 penulis menyelesaikan Pendidikan Tingkat Sekolah Dasar (SD) di SD Negeri 11 Tempilang. Tahun 2017 penulis menyelesaikan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP Negeri 1 Tempilang, dan pada tahun 2020 penulis menyelesaikan Pendidikan Skolah Menengah Atas (SMA) di SMA Negeri 1 Tempilang. Kemudian penulis melanjutkan pendidikan di Universitas PGRI Palembang pada Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penulis terdaftar sebagai mahasiswa baru pada tahun 2020 dan berhasil menyelesaikan skripsi ini pada tahun 2024 dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Berbasis Android Pada Pembelajaran Matematika SMP”. Penulis mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung dalam menyelesaikan skripsi ini. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi referensi untuk penulis selanjutnya. Jika butuh bantuan dan bertanya lebih lanjut hubungi kontak penulis (085758415715).

Published
2024-07-05
How to Cite:
Fernanda, A., Retta, A. M., & Isroqmi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Berbasis Android pada Pembelajaran Matematika SMP. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1612-1618. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1231
Section
Research Articles
Abstract viewed: 14 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded: 9 times

References

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Fahmi, S., & Noviani, D. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 108–113. https://doi.org/10.14421/quadratic.2021.012-05

Febriana, D., V.Y, I. A., & Pamungkas, A. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Berbantu Millea Lab Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 329–340.

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Khotimah, K., & Satiti, W. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional, 2(2), 50–57. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/675

Masfufah, R. A., Muyasyaroh, L. K., Maharani, D., Saputra, T. D., Astrianto, F., & Dayu, D. P. K. (2022). Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA) 2, 2(1), 347–352.

Melisa, M., Octaria, D., & Rohana, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Android Pada Materi Lingkaran. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45–58. https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1104

Mulyani F, & Haliza N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri KONOD III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosia, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Purwati, Y., Sagita, S., Utomo, F. S., & Baihaqi, W. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tata Surya berbasis Virtual Reality untuk Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar dengan Evaluasi Kepuasan Pengguna terhadap Elemen Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(2), 259–266. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020701894

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951

Rahmawati, A., Aeni, A. N., & Ismail, A. (2024). Pengembangan Media Kampanye Sekolah Sehat Berbasis Teknologi pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 589-597. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.911

Savitri, D., Karim, A., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17

Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 578–581. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1662

Tambunan, M. A., & Siagian, P. (2022). Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) Pada Materi Fungsi Di Sma Negeri 15 Medan. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(10), 1520–1533.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127